Terbukti..Ini Cara Menghemat Kuota Data Internet Android Paling Jitu


Menurut mimin nih ya, harga paket cyberspace disemua provider itu tidak murah meskipun di iklannya selalu dibilang murah.

Pada saat promosi provider selalu ngaku-ngkau banyak issue tapi waktunya dibatasi hanya dijam pocong alias diatas jam 24:00....

Ada juga yang menyampaikan harga relative rendah dari provider lain tapi berlaku pada area-area tertentu saja...
Intinya...Syarat dan ketentuan berlaku..

Dengan fakta tersebut, maka wajib hukumnya bagi anda yang memiliki anggaran terbatas untuk cerdik mengatur penggunaan information internet.

Tujuannya ?

semoga anggaran keuangan untuk keperluan lain tidak habis hanya untuk beli paket data.

Untuk itu Pada artikel kali ini,,mimin akan menjelaskan wacana bagaimana cara menghemat paket information cyberspace yang benar untuk semua provider cyberspace baik itu XL,Axis, Telkomsel, Smartfren dll.
Panduan ini berdasarkan pengalaman mimin pribadi dan referensi dari aneka macam sumber...

Cara Hemat Paket Data Internet Perangkat Android


1.    Mematikan paket information saat tidak diperlukan

Agar penggunaan information cyberspace lebih hemat, selalu ingat untuk mematikan information seluler pada perangkat android pada saat tidak diperlukan.

Misalnya anda sedang mengerjakan kiprah sekolah atau kantor. Agar bekerja lebih nyaman, matikan information seluler semoga information cyberspace tidak terbuang percuma oleh pemberitahuan social media yang pastinya akan mengganggu konsentrasi anda dalam bekerja.

Mematikan information cyberspace di hape android pastinya sudah tahu downk caranya..?. Tinggal klik ikon information seluler saja..

2. Gunakan Browser Hemat Data

Google chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan pengguna android didunia. Selain lantaran yaitu component kecepatan dan tampilan spider web yang sangat baik.

Tetapi juga disebakan Google Chrome yaitu aplikasi bawaan organization operasi android itu sendiri.

Sayangnya, Google Chrome tidak begitu bagus dalam penghematan information walaupun telah mengaktifkan information saver.

Apa itu fitur information saver...?

Fitur Data Saver pada Chrome yaitu fitur yang memungkinkan penghematan pada saat browsing .

Sayangnya, fitur ini hanya sanggup menghemat sedikit information saja. Dari hasil percobaan mimin, dari xx MB data, hanya 1 MB saja yang sanggup diselamatkan.

Kalau anda memang lebih suka browsing menggunakan Google Chrome dibanding browser lain mengkatifkan information saver itu wajib.

Untuk mengaktifkan information saver, buka Google Chorme, klik titik tiga dipojok kanan atas aplikasi, kemudian pilih pengaturan. Selanjutnya klik “ Data Saver On”.

Jika anda punya keterbatasan information lebih baik gunakan browser lain. Untuk itu, mimin lebih merekomendasikan browser yang memang telah terbukti paling hemat penggunaan information cyberspace ibarat Opera Mini.

Dari hasil pengujian, opera mini lebih hemat four kali lipat  dari Google Chrome dan ii kali lipat dari browser UC Browser.

Sumber : http://blogs.opera.com

Oleh lantaran yaitu itu, maksimalkan keberadaan opera mini untuk segala keperluan cyberspace anda ibarat browsing, membuka email, buka facebook, Streaming Video dll.

Selain itu, ada fitur gres opera mini untuk menunjang aktifitas social media anda ibarat facebook.

Terdapat pemberitahuan facebook sehingga anda tidak perlu menginstall aplikasi facebook lagi yang ibarat kita tahu sangat boros information dan RAM.

Streaming youtube juga lebih hemat, lantaran yaitu video secara otomatis akan diperkecil resolusinya sehingga information yang terpakai lebih sedikit.

3. Matikan Sinkronisasi Otomatis Dari Aplikasi

Auto sync yaitu fitur android semoga yang anda install sanggup sinkron dengan server google maupun server aplikasi tersebut.

Sinkronisasi ini memungkinkan server mengirimkan pemberitahuan berupa electronic mail atau pemberitahuan pribadi wacana fitur dan update aplikasi.

Tapi pemberiatahuan tersebut menggunakan information cyberspace juga, meskipun kita tidak tahu persis seberapa besar penggunaannya, tetapi dengan mematikan sinkronisasi otomatis sanggup menghemat information cyberspace anda.

Caranya....?

Buka hidangan Pengaturan / Akun & Sync kemudian hilangkan centang pada akun yang ditautkan dengan perangkat anda.

4. Gunakan Aplikasi Lite

Facebook merupakan jejaring social yang memiliki pengguna terbayak saat ini, tercatat facebook saat ini memiliki pengguna lebih dari ii miliar.

Karena sangat popular, keberadaan aplikasi facebook menjadi aplikasi wajib bagi pengguna smartphone android.

Masalahnya, aplikasi facebook terkenal boros information sehingga menyusahkan mereka yang terbatas paket datanya.

Sadar akan hal tersebut, facebook menyebarkan aplikasi yang lebih ringan yakni aplikasi facebook dan masengger versi low-cal (ringan).

Selain hemat data, aplikasi ini juga hemat ruang penyimpanan lantaran yaitu ukuran filenya hanya sekitar 1 MB saja. Selain kedua aplikasi tersebut, Line juga menyebarkan aplikasi Line versi Lite.

Cuma....aplikasi low-cal juga fitur-fiturnya banyak dipangkas demi hemat information dan ruang penyimpanan .

5. Matikan Update Aplikasi Otomatis Di Playstore
Agar kita sanggup menikmati fitur gres dari aplikasi, kita dianjurkan untuk melakukan update aplikasi secara berkala.

Tetapi aktifitas mengupdate aplikasi bakalan menyusahkan saja apabila kita dalam kondisi krisis paket information internet.

Agar information tidak tersedot secara otomatis balasan update aplikasi, matikan fitur update otomatis tersebut dengan cara : Buka playstore - pengaturan  - matikan update otomatis atau atur semoga proses update hanya berjalan pada saat perangkat tersambung pada jaringan wifi saja.

6. Install Aplikasi Penghemat Data

Supaya lebih hemat lagi dalam penggunaan information internet, install aplikasi hemat information ibarat opera max.
Opera max akan melakukan penghematan secara otomatis terhadap aplikasi-aplikasi yang dicurigai menggunakan information dalam jumlah banyak.

Aplikasi yang membutuhkan information cyberspace akan secara otomatis dikompress penggunaan datanya, misalnya aplikasi social media dan aplikasi chating ibarat BBM,Line, WA, Line, dan Kakao Talk.

7. Sesuaikan Resolusi Video Youtube

Sama ibarat Google Chrome, youtube yaitu aplikasi wajib yang ada pada perangkat smartphone dengan organization operasi android.

Dengan adanya youtube, kita sanggup menonton beraneka video dari aneka macam chanel langganan kita.
Terkadang saking asiknya streaming, kita sampai lupa kalau paket information cyberspace tinggal sedikit dan sadar setelah ada pemberitahuan dari sms provider.

Untuk menghemat penggunaan information dari aktifitas streaming youtube, lakukan setting resolusi video menjadi lebih rendah misalnya dengan membatasi video dengan kualitas hard disk drive hanya diputar saat tersambung dengan jaringan Wifi.

Caranya...?

Buka aplikasi youtube, klik akun anda yang ada dipojok kanan atas kemudian buka Pengaturan / Umum Aktifkan OpsiBatasi penggunaan information seluler ” dan “ Matikan autoplay ”.

Meskipun telah melakukan pengaturan diatas, sebaiknya aktifitas streaming dikurangi lantaran yaitu bagaimanapun hematnya, streaming video yaitu aktiftias yang menyedot information paling banyak dibandingkan aktifitas online lain.

8. Beli paket 4G

Nah ini yang hot-hotnya, sekarang kan sudah periode cyberspace 4G yang lebih kencang dari generasi sebelumnya 2G dan 3G.

Yang lebih seru, paket 4G bonusnya lebih banyak dibandingkan paket information cyberspace regular. Misalnya saja nih paket paket Xtra Combo XL yang harganya Rp.59.000 sanggup information regular 2GB (semua jaringan) dan information di expanse 4G four GB.

Tidak hanya XL, provider lain ibarat Telkomsel juga menyampaikan harga yang cukup murah untuk information di expanse 4G, untuk itu silahkan cek paket lain yang disediakan provider yang anda gunakan.
Tapi perangkat saya belum back upwards 4G min..gimana ..?

Tips ini kan salah satu dari sekian tips yang akan dijelaskan, jadi baca terus sampai habis. Kalau mau menikmati paket 4G ya sebaiknya ganti hape saja yang sudah 4G.

Baca Juga :

Smartphone Android 4G Satu Jutaan Terbaik

9. Matikan fitur Auto Download Whatsapp

Fitur auto download whatsapp gotong royong secara default telah diaktifkan oleh aplikasi chat WhatsApp (WA), tetapi fitur ini membuat paket information cepat habis lantaran yaitu file ibarat Video dan Gambar yang diupload user lain secara otomatis diunduh perangkat.

Untuk itu kita perlu mematikan fitur ini dengan cara : Buka WA klik tombol hidangan (titik iii pojok kanan atas) kemudian pilih Setting / Data Usage / Media Auto Download.

Pada opsi When Using Mobile Data hilangkan centang pada semua opsi yang ada ibarat : Images, Audio, Videos, Documents.

Begitu pula dengan opsi When Connected to Wifi, lakukan setting ibarat diatas atau sanggup juga dibiarkan secara default.

10. Install aplikasi WPS WPA Tester

Ini ia aplikasi andalan mimin pada saat paket information cyberspace sedang minim. WPS WPA merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk smartphone android untuk sanggup mengakses Wifi hotspot meskipun diproteksi dengan password dengan syarat Wifi tersebut memiliki WPS aktif.

Cara menggunakan WPS WPA Tester ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu install aplikasinya dari google playstore dan jalankan.

Klik hidangan Scan untuk melakukan Scaning Hotspot yang dijangkau perangkat dan akan ditampilkan di layar.

Kalau ada hotspot yang dideteksi dan warna icon sinyalnya hijau, berarti hotspot tersebut sanggup dibuka, trus klik (Try to Connect). Sebaliknya, kalau warna icon sinyalnya merah berate hotspot tersebut tidak sanggup dibobol oleh aplikasi ini.

Tetapi...

Aplikasi ini biasanya membutuhkan jalan masuk Root pada perangkat, untuk itu pastikan perangkat anda telah di Root terlebih dahulu.

11. Matikan Update otomatis perangkat lunak

Pembaruan perangkat lunak ibarat yang telah mimin jelaskan pada artikel artikel sebelumnya penting untuk kita lakukan.

Tujuannya semoga perangkat optimal antara hardware dan softwarenya. Secara default pembaruan perangkat lunak akan didownload secara otomatis.

Meskipun penting, tapi proses ini membutuhkan information cyberspace yang tidak sedikit. Tidak jarang file yang akan didownload sanggup berukuran ratusan MB.

Untuk itu, setting perangkat semoga download perangkat lunaknya hanya dilakukan saat perangkat terhubung dengan jaringan Wifi.

Cara mematikan update perangkat lunak otomatis :

Buka hidangan Pengaturan / Tentang Perangkat / Perbarui Perangkat Lunak kemudian hilangkan centang pada opsi perbarui secara otomatis.

Nah...

Itulah xi tips yang sanggup mimin berikan untuk menghemat penggunaan information cyberspace supaya tidak cepat habis.

Semoga tips yang mimin jelaskan bermanfaat dan jangan lupa similar dan sharenya semoga teman terdekat anda juga tahu tips ini.

0 Response to "Terbukti..Ini Cara Menghemat Kuota Data Internet Android Paling Jitu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel