Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data, Benarkah...?

Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data, Benarkah...?

Benarkah Menjalankan Update Pembaruan Perangkat Lunak Android padah hape Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo dll bakalan menghapus information yang ada didalam memori internal..?

Itulah Pertanyaan yang sangat sering ditanyakan Sahabat Banggras Android.

Dari informasi yang didapat hasil nanya-nanya sobat (Kantor, Teman Nongkrong dll) pengguna Hape terbaru misalnya saja Samsung A6+ dan J6+ menurut pemiliknya sangat sering mendapat notifikasi adanya pembaruan perangkat lunak sistem.

Selain takut information yang ada di memori internal hilang simpulan terhapus saat proses instalasi sistem, information mesh yang digunakan juga tidak sedikit, sekali update sanggup ratusan MB information mesh melayang.

Sebagai orang yang paket information bulananannya tidak banyak-banyak amat, saya sangat memahami gimana rasanya pas tengah bulan paket information Cuma tinggal ratusan MB tapi tiba-tiba lenyap lantaran yaitu update android otomatis.

Tapi sebelum mulai lebih jauh, ada beberapa informasi yang perlu anda ketahui wacana yang akan anda dapatkan dengan menginstal pembaruan sistem android yang terkadang bikin kesel itu.

Yang Ada didalam Paket Pembaruan Sistem

Setidaknya ada tiga tipe file yang akan diunduh oleh sistem saat mendapat adanya pembaruan sistem yaitu :

1. File Perbaikan Sistem

Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data, Benarkah...?

Sistem yang terpasang pada hape android anda saat ini bukanlah versi concluding apabila anda mendapat adanya pembaruan sistem. Tanpa kita sadar, diluar sana insinyur Samsung, Asus, Xiaomi dll sibuk melakukan serangkaian uji coba untuk menyempurnakan sistem yang ponsel kita jalankan.

Banyak ditemukan masalah dimana ponsel yang telah resmi rilis kepasaran ternyata memiliki cacat didalam sistemnya.

Contoh yang saya pernah alami yaitu pada masalah Zenfone ii Laser yang borosnya minta ampun setelah ditingkatkan versi Androidnya dari Lollipop ke Marshmallow.

Tidak hanya itu, pemutar musik jadi lambat membaca file MP3 yang ada didalam memori, loadingnya sanggup sampai beberapa menit. Meski telah melakukan langkah perbaikan sanggup bangun diatas kaki sendiri dengan cara membersihkan Cache aplikasi namun kedua masalah tersebut tidak sanggup teratasi.

Untungnya dua BUG pada Zenfone ii Laser tersebut kesannya sanggup teratasi dengan menginstal firmware terbaru. Sekarang Zenfone ii Laser saya tersebut normal mirip sediakala, baterainya lebih hemat dan pemutar musiknya lancar jaya.

2. Patch Keamanan

Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data, Benarkah...?

Sistem operasi mobile android dikembangkan oleh google, anda juga pasti sudah tahu akan hal tersebut pastinya.

Setelah OS Android selesai dikembangkan, isyarat sumbernya akan digunakan oleh perusahaan pengembang dan produsen hape untuk diedit sedemikian rupa sesuai dengan gaya dan ciri khas masing-masing.

Karena makin maraknya pembayaran 2d melalui perangkat Android membuat oknum tidak bertanggung jawab semakin getol membuatkan malware yang sanggup menyusup kedalam sistem dan mencuri information keuangan dengan memanfaatkan celah keamanan yang longgar dari OS tersebut.

Tentunya kita sebagai orang awam tidak sanggup memiliki gambaran yang terlalu terang wacana bagaimana bentuk celah keamanan yang dimaksud, coz lain jurusan sekolah.

Sebagai fihak yang membuatkan OS tersebut, Google bertanggung jawab menyediakan sistem yang aman dengan cara melakukan uji coba.

Apabila setelah melakukan pengujian ditemukan celah keamanan yang sanggup menjadi akses malware pencuri data, Google merilis spell yang kemudian didistribusikan ke pengembang untuk dikirimkan lagi ke perangkat yang menjalankan OS tersebut.

Untuk itu, kalau anda mau sistem anda lebih aman jangan ragu deh menjalankan pembaruan sistem.

3. Penambahan Fitur

Selain untuk perbaikan fungsi sistem dan meningkatkan sistem keamanan file update juga berisi penambahan fitur yang pastinya bermanfaat untuk kita para pengguna ahir.

Misalnya...

Setelah melakukan update sistem pada perangkat xiaomi yang menjalankan MIUI 10 Beta, ada sebuah fitur gres yang ada di hidangan pengaturan.

Fitur ini namanya SOS.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kita sanggup mengirimkan pesan darurat disertai link yang akan memberitahukan penerimanya prihal lokasi anda mengirimkan pesan SOS tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel saya wacana Fitur SOS Xiaomi.

Yang Harus Anda Lakukan Saat Menerima Adanya Update Sistem Android

Yang pasti jikalau anda meminta saran saya, saat mendapat adanya file update yang mesti anda download ya download saja.

Anda tidak perlu takut pembaruan yang didapat akan menghapus foto dan video yang ada didalam memori internal. Hal tersebut hanya akan terjadi jikalau anda melakukan Factory Reset perangkat saja.

Tetapi, berhubung file updatenya terkadang memiliki ukuran yang cukup besar, berkisar antara 200-350 MB. Angka tesebut untuk sekali update ya..?

Coba bayangkan jikalau pemberitahuannya iii kali seminggu, misalnya 300 MB x iii =900 MB dalam satu minggu. Malahan ada pembaca yang katanya sanggup notifikasi updatenya setiap hari.

Wkwkwkwk apes bener itu yang punya, Developernya Androidnya kebablasan maen rilis aja.

Kalau kondisinya begitu, jadwalkan saat waktu updatenya saat anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi, jadi tidak memakan banyak information seluler yang sama-sama kita tahu tidak murah.

Atau...

Gunakan saja Provider Smartfren 4G Unlimited bulanan yang harganya Rp.65.000 / Rp.75.000 itu.

Apakah anda sudah tahu informasinya...? jikalau belum baca penjelasan lengkapnya disini.

Tip Tambahan Bagi Yang Masih Takut Update Sistem Android


Apabila anda merasa was-was setelah melakukan update information anda hilang, lakukan pencadangan sejak dini dengan menyinkronkan perangkat anda dengan aplikasi penyimpanan online Google yakni Drive.

Google menawarkan jatah berupa fifteen GB untuk masing-masing akun yang aktif, sehingga kalau diperangkat anda punya ii akun, anda jadi punya thirty GB ruang penyimpanan online.

Khusus untuk anda yang belum sanggup menggunakan Google Drive untuk melakukan Backup segala jenis file, sanggup membaca Tutorial Google Drive Untuk Pemula..

Bagi anda yang suka foto-foto, aktifkan juga sinkron perangkat anda dengan aplikasi google Foto. Aplikasi ini secara otomatis akan mecadangkan foto dan video dari kamera hape (folder DCIM Camera) anda di memori internal.

Jadi saat hal terburuk mirip tidak sengaja melakukan format, foto dan video sudah ada ditempat yang aman dan sanggup anda saluran kembali setelah login dengan electronic mail yang sama diperangkat mana saja, baik itu Android, iOS maupun PC.

Penutup 

Itulah man-teman informasi yang saya rasa cukup lengkap menjelaskan wacana apa itu pembaruan perangkat lunak android dan alasan mengapa anda harus menjalankannya meskipun memakan banyak information internet.

Jika ada masalah atau penjelasan yang dirasa masih belum jelas, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Terimakasih.

0 Response to "Update Perangkat Lunak Android Menghapus Data, Benarkah...?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel