Klik 2X...Sm-J120f Bootloop, Hanya Muncul Goresan Pena Samsung

Cara Mengatasi SM-J120F Bootloop, Hanya Muncul Tulisan Samsung

Pada ketika menemukan perangkat Samsung J1 SM-J120F anda tidak mampu masuk kedalam sistem tetapi mentok di logo Samsung kemudian restart kembali. Jangan panik alasannya hal tersebut biasa terjadi pada hape android.

Kondisi ibarat yang disebutkan diatas dinamakan Bootloop.

Apa itu Bootloop Pada Hape Android...?

Bootloop yaitu kondisi kegagalan pada sistem android untuk log on dengan sempurna kedalam hidangan tetapi hanya mentok pada logo tau layar hitam saja.

Pada umumnya ada dua tipe bootloop pada ponsel Android Samsung yang harus anda tahu yaitu : Bootloop ringan dan Berat.

Bootloop ringan mungkin disebabkan duduk dilema antara sistem android itu sendiri. Penyebabnya beragam, mampu karena kesalahan pada ketika melakukan perubahan pada sistem ibarat : Rooting, Unlock Bootloader atau memasang aplikasi.

Sedangkan Bootloop yang masuk kategori berat disebabkan oleh adanya duduk dilema pada Hardware ibarat IC eMMC yang sudah rusak.

Baik Bootloop tipe berat dan ringan gejalanya hampir sama sehingga penanganannya sebaiknya bertahap. Artinya lakukan penanganan ringan dahulu, bila tidak mempan gres mampu dilanjutkan kepenanganan selanjutnya.

Mengatasi Samsung SM-J120FG Bootloop Tanpa Flashing

 Pada ketika menemukan perangkat Samsung J Klik 2X...SM-J120F Bootloop, Hanya Muncul Tulisan Samsung

#1. Istirahatkan Ponsel Android Sejenak

Karena terlalu lama digunakan bermain game dan tidak pernah dimatikan, terkadang untuk beberapa dilema ponsel android Bootloop mengistirahatkan hape sejenak mampu mengatasi duduk dilema tidak mampu masuk kedalam menu.

Cara mengistirahatkan ponsel tidak cukup dengan hanya mematikan perangkat, tapi diikuti dengan membuka baterai (jika mampu dibuka) melepaskan SIM Card dan Kartu Memory Eksternal (SD Card) kemudian diamkan selama satu jam.

Jika memang benar perangkat Samsung Milky Way anda mengalami bootloop ringan tanggapan terlalu lelah digunakan, maka setelah semua komponen hape dipasang kembali ponsel akan normal ibarat sediakala.

#2. Wipe Data Factory Reset

Wipe Data Factory Reset (WDFR) yaitu istilah lain dari Setel Ulang Perangkat Ke Pengaturan Pabrik dimana semua pengaturan yang telah kamu buat beserta file, aplikasi, akun yang tertaut dengan aplikasi akan terhapus ibarat laiknya hape baru.

Melakukan WDFR selalu direkomendasikan apabila telah melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi karena cara ini akan membersihkan Penyimpanan Sistem dari sampah sistem OS sebelumnya sehingga tidak bentrok yang mampu mengakibatkan Bootloop.

Cara Melakukan Wipe Data Factory Reset
  1. Matikan perangkat kemudian masuk Mode Perbaikan (Recovery Mode) dengan cara menekan kombinasi tombol POWER + HOME + VOLUME ATAS.
  2. Gunakan tombol book untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol ability untuk memilih salah satu opsi.
  3. Pilihlah opsi WIPE DATA FACTORY RESET yang kemudian dilanjutkan dengan memilih DELETE ALL USER DATA.
  4. LSetelah proses pengembalian ke pengaturan pabrik ( OPSI DELETE ALL USER DATA ) selesai, kembali kemenu utama kemudian Restart perangkat dengan memilih hidangan REBOOT SYSTEM NOW.
  5. Lakukan setting awal perangkat anda ibarat laiknya hape baru.
Cara diatas anda lakukan bila didalam perangkat anda belum terinstal Custom Recovery ibarat ClockWorkMood atau TWRP.

Jika perangkat anda menggunakan Custom Recovery TWRP, berikut langkah-langkah cara melakukan WDFR...
  1. Matikan perangkat dan masuk ke Sistem Recovery TWRP dengan menekan tombol kombinasi POWER + HOME + VOLUME ATAS.
  2. Pilih hidangan WIPE yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih opsi FORMAT DATA.
  3. Akan muncul peringatan bahwa aktifitas WIPE DATA akan menghapus semua information didalam perangkat namun abaikan saja kemudian swipe tombol kekanan dan tunggu proses selesai.
  4. Setelah itu mulai ulang perangkat dengan milih hidangan REBOOT -> SYSTEM

Cara Flash Samsung Milky Way SM-J120F

Download Firmware Samsung SM-J120F
Download Driver USB Samsung
Download Odin Flashtool

Langkah 1 : Instal Samsung USB Driver pada komputer. Jika  sudah terinstal Samsung KIES di komputer  maka lewati langkah ini. Driver USB berfungsi semoga Sistem Operasi windows mampu membaca ponsel android.

Langkah 2 : Sekarang, aktifkan USB debugging dengan cara buka hidangan Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB kemudian centang juga Buka Kunci OEM bila ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas). Sedangkan untuk menampilkan hidangan opsi pengemban Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Langkah 3 : Matikan daya perangkat Samsung kemudian masuk ke Mode Download dengan cara tekan dan tahan tombol VOLUME BAWAH + HOME + TOMBOL POWER. Pada ketika handphone bergetar lepaskan tombol ability tapi tetap tekan tombol book bawah dan home.

Langkah 4 : Pada Download Mode  akan melihat tanda peringatan segitiga berwarna kuning kemudian tekan tombol VOLUME ATAS untuk melanjutkan.

Langkah 5 : Jalankan acara Odin kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer. Tampilan Odin akan tampak ibarat gambar berikut :


Langkah 6 : Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB dan ID:COM berwarna BIRU.

Pada Message Box akan muncul pesan “ADDED” sesaat setelah Ponsel Android tersambung dengan komputer. Pada hidangan Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya ibarat “AutoReboot” dan” F. Reset Time

Langkah 7 : Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian pilih file tar.md5 yang telah diekstrak.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari banyak file ibarat gambar diatas.

Perhatikan isyarat awal file ibarat AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan isyarat nama File.

Khusus untuk CSC hanya digunakan bila kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) bila tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Langkah 8 : Sekarang, klik pada tombol START di Odin untuk memulai proses Flashing.

Langkah 9 : Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan kabel USB dari perangkat (selama proses ini, perangkat  akan mengalami restart secara otomatis).

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem gres perlu membaca hardware dan memasang aplikasi terbaru pada perangkan .

Apabila setelah instalasi melakukan Wipe Data Factory Reset (WDFR) kamu akan melakukan SET UP awal ibarat layaknya hape baru. Jika tidak sistem akan pribadi masuk kemenu utama dengan akun dan aplikasi yang sebelumnya ada di perangkat .

Wipe Data Factory Reset (WDFR) dibutuhkan untuk membersihkan Sistem Android gres dari sisa-sisa sistem yang lama semoga tidak bentrok sehingga muncul duduk dilema gres ibarat kembali mengalami Bootloop.

0 Response to "Klik 2X...Sm-J120f Bootloop, Hanya Muncul Goresan Pena Samsung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel