Cara Kondusif Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data


 Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data  Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data


(D.I.Y) Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data  - Mungkin sebagian besar dari anda ada yang pernah atau sedang mengalami three dilema berikut pada hape anda.

  • Pertama. Hape anda performanya mulai melambat (lemot) pada ketika dijalankan.
  • Kedua. Hape anda kehilangan daya baterai lebih cepat dari biasanya atau terasa semakin boros.
  • Ketiga. Anda sudah bosan dengan tampilan sistem android yang itu-itu saja dan ingin memiliki tampilan yang lebih menarik.


Jika iya maka sanggup dipastikan itu tandanya anda harus SEGERA upgrade android hape anda...!

Apa itu Upgrade Android....?

Upgrade Android adalah aktifitas menginstal perangkat lunak yang berisi pembaruan sistem dengan versi android yang lebih tinggi. Misalnya dari Kit-Kat ke Lollipop, Lollipop ke Marshmallow atau Marshmallow ke Nougat. Untuk itu pada postingan ini akan dijelaskan langkah-langkah melakukan meningkatkan versi android secara aman tanpa takut kehilangan information pada memori internal.

Panduan ini telah saya coba dan berhasil pada Smartphone android berbagai merk ternama menyerupai : Samsung, Asus, Xiaomi dan Oppo. Bukan bermaksud membuat postingan ini menjadi terlalu panjang. Tapi saya merasa wajib untuk menginformasikan apa manfaat maupun pengaruh yang akan anda dapatkan sesudah melakukan proses upgrade android. Tidak hanya itu, saya juga merinci segala persiapan yang dibutuhkan biar proses upgrade android di hape anda tidak GAGAL atau mengalami ERROR.

Langkah-Langkah Perbarui Sistem Android Tanpa Kehilangan Data

Secara umum ketika saya ingin meningkatkan versi OS android, ada four langkah yang selalu saya lakukan adalah :
  1. Kumpulkan Informasi dengan membaca lebih banyak rujukan perihal pembaruan apa saja yang ada pada arrangement terbaru, apa kelebihan dan kekurangannya.
  2. Persiapankan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum menjalankan proses upgrade Android via OTA maupun manual menyerupai : Paket data, Daya baterai, Ruang kosong pada memori, Driver USB, dan tool untuk install firmware / ROM.
  3. Download File Upgrade disitus terpercaya dengan memperhatikan : Versi Pita Dasar pada SAMSUNG, SKU pada ASUS, dan Tipe untuk hape merk OPPO dan XIAOMI apabila anda ingin menjalankan proses upgrade menggunakan komputer.
  4. Instal Firmware / ROM secara langsung dari ponsel atau menggunakan PC dengan menggunakan Tool menyerupai Flash Tool, Odin atau TWRP.
Tapi sebelum lanjut sebaiknya kita sudah DEAL dengan ini....!

Fitur dan Manfaat Upgrade Android

1. Meningkatkan Sistem Kemanan. Sekarang kita tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk membeli aplikasi. Cukup dengan potong pulsa kita sudah sanggup memiliki aplikasi premium yang diinginkan. Dengan semakin mudahnya melakukan transaksi di Google Playstore, tentunya harus diimbangi pula dengan arrangement keamanan yang memadai. Jangan sampai ada aplikasi yang sanggup merugikan pengguna menyerupai pemotongan pulsa secara otomatis oleh aplikasi tertentu.

Untuk itu…google semakin meningkatkan flat keamanan playstore dengan arrangement keamanan yang diberinama Play Protect. System ini dikabarkan sanggup memindai fifty Milyar aplikasi dalam satu hari. Makara dengan adanya sumbangan dari Play Protect ini sanggup dipastikan aplikasi yang ada di Playstore aman dari aplikasi jahat.

2. Menjadikan Ponsel Lebih Hemat Dayaidak menyerupai iPhone, android diproduksi dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan Chipset Snapdragon, MediaTek, Exynos, kirin dll. Ada yang baterainya berkapasitas 4100 mAh, 3000 mAh, 2000 mAh bahkan ada yang seribuan mAh. Terkait dengan beragamnya kapasitas baterai ponsel android.

Google mengatakan sebuah fitur berakal yang dinaman Doze Mode pada Android 6.0. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan segala aktifitas yang memakan daya berlebih pada ketika ponsel stand upwardly yesteryear atau berada pada agency sleep. Jadi…hanya acara penting (sistem) saja yang efektive berjalan ketika masuk agency Doze. Doze agency ini kembali disempurnakan pada Android Oreo dimana penghematan daya semakin ditingkatkan supaya semakin ekonomis berkat fitur gres yang diberinama Wise Limits.

3. Makin Hemat Penggunaan RAMAndroid dikenal sebagai sistem operasi yang boros RAM jikalau dibandingkan OS mobile lain menyerupai iOS dan Windows Phone. Agar tidak ditinggalkan penggunanya, Google terus mencari cara biar versi Android terbaru sanggup menekan penggunaan RAM dari aplikasi latar belakang yang tidak penting semaksimal mungkin, sehingga tersisa lebih banyak ruang kosong untuk menjalankan aplikasi utama.

4. Mempercantik Tampilan sistemDengan menginstal versi android terbaru pada ponsel, anda tidak hanya meningkatkan kecepatan ponsel tapi juga mempercantik tampilan antarmuka sistem. Coba anda bandingkan tampilan versi android four Jelly Bean dengan Android Lollipop. Kira-kira mana yang memiliki tampilan lebih baik....? Saya yakin semua kita memilih Lollipop. Mulai dari font, wallpaper, koleksi icon tampilan animasi dll. Terkait dengan tampilan animasi, itulah mungkin salah satu penyebab mengapa ponsel lawas tidak menerima jatah pembaruan android.

Android versi terbaru semakin berat, sedangkan ponsel android lawas spesifikasinya rendah dan tidak sanggup di upgrade spesifikasi hardwarenya menyerupai PC. Sehingga sanggup dipastikan performa yang diberikan ponsel lawas jikalau menjalankan OS terbaru tidak akan maksimal.

Keempat manfaat yang disebutkan tadi hanya sebagian kecil dari manfaat tolong-menolong yang akan anda dapatkan sesudah menjalankan OS Android terbaru.

three Cara Upgrade Android Yang Umum Digunakan

  • Over The Air (OTA)
  • Menggunakan System Recovery
  • Menggunakan PC dan Tool Khusus
1. Upgrage Via Over The Air OTA (Over The Air) adalah istilah yang digunakan ketika melakukan upgrade android langsung dari hape dengan aplikasi pembaruan sistem yang dimiliki oleh masing-masing hape. Namun secara umum untuk mendownload pembaruan sistem langsung dari hape sanggup ditemukan dengan mengakses sajian PENGATURAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM. Agar proses Upgrade sistem Android tidak mengalami kegagalan, pastikan anda telah membaca 7 Tips ini.

2. Upgrade Via System RecoveryUpgrade Android menggunakan System Recovery merupakan proses instalasi ROM / Firmware menggunakan sistem recovery bawaan hape. Karena System Recovery bawaan memiliki fitur yang terbatas. Sekelompok programer pecinta android mengembangkan System Recovery komplemen menyerupai TWRP untuk memudahkan proses instalasi Firmware / ROM. Keberadaan arrangement Recovery pihak ketiga menyerupai TWRP juga membantu pengguna yang perangkatnya tidak menerima jatah pembaruan versi android. Tapi sanggup menggunakan Custom ROM dengan versi Android yang lebih tinggi dengan terlebih dahulu melakukan Rooting pada ponselnya.

3. Upgrade Android Menggunakan PC .  Menjalankan proses upgrade sistem operasi android menggunakan PC memerlukan tool sebagai alat bantu instalasi Firmware / ROM. Odin Multy Downloader adalah salah satu Tool populer yang kerap kali digunakan membantu jalannya instalasi sistem ke hape khususnya hape android merk Samsung. Untuk hape android merk Oppo dan Xiaomi biasanya menggunakan Flash Tool.

Persiapan Sebelum Upgrade Android

Sukses tidaknya proses upgrade android diawali dari persiapan yang matang. Sebelum anda menjalankan upgrade, persiapakan dulu hal-hal yang dibutuhkan menyerupai :
1. Bakup File PentingMeskipun dalam menjalankan upgrade android tidak akan menghapus data, tapi alangkah baiknya ada backup sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Backup file-file penting yang ada di memori internal menyerupai Gambar, video, dokumen dan kontak. Anda sanggup menyalin file menyerupai foto dan video yang ada di memori internal ke memori eksternal. Atau anda juga sanggup memindahkannya ke reckoner untuk sementara.

2. Sediakan Data Internet Yang CukupJik anda memilih untuk menjalankan upgrade secara OTA, file upgrade yang harus didownload berkisar antara 1-1,5 GB. Untuk itu pastikan ada memiliki kuota cyberspace yang cukup untuk mendownload file dengan ukuran 1,5 GB. Dari pengalaman upgrade sebelumnya, dianjurkan memiliki kuota dua kali lipat dari besaran file yang dibutuhkan. Hindari upgrade dengan information ngepas untuk menghindari proses download berhenti ditengah jalan. Persiapan information yang cukup dibutuhkan jikalau anda menggunakan information seluler untuk upgrade. Bila anda memiliki jalan masuk jaringan Wifi yang kencang, tahapan ini sanggup anda lewatkan.

3. Sediakan ii GB Ruang Kosong Pada Memori Internal.  Ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstal arrangement gres biasanya lebih dari 1 GB. Untuk itu pastikan anda memiliki ruang kosong lebih besar dari jumlah yang dibutuhkan (Rekomendasi ii GB).

4. Isi Daya Baterai Hingga Full 100 %Jangan pernah berjudi dengan menyisakan 30% daya baterai ketika melakukan upgrade. Dari beberapakali melakukan upgrade via OTA dengan Data Seluler, waktu yang dibutuhkan sanggup berjam-jam lantaran koneksi cyberspace yang naik turun. Perangkat juga akan terasa panas dan kondisi ini akan menguras daya baterai lebih cepat. Untuk itu, pastikan anda memiliki 100% daya baterai ketika menajalankan upgrade via OTA. Kalau bisa, upgradenya juga dirumah, supaya sanggup langsung ngecharge ketika baterai kekurangan daya. Keempat persiapan diatas berlaku untuk anda yang ingin menjalankan upgrade android via OTA. Bagi anda yang mau upgrade android secara manual persiapannya beda lagi menyerupai : Laptop, Driver USB, Firmware / ROM, Flash Tool.

5. Laptop Dengan Sistem Operasi WindowsSaya merekomendasikan upgrade itu menggunakan laptop dibandingkan dengan PC. Karena laptop punya cadangan daya pada baterai jikalau ketika proses upgrade (Flashing) tiba-tiba listrik mati. Kecuali reckoner desktop anda menggunakan UPS, bolehlah menggunakan PC Desktop.

6. Menginstal Driver USBAgar perangkat sanggup terbaca oleh arrangement operasi Windows, anda harus menginstal driver USB terlebih dahulu di reckoner anda.Driver USB sanggup anda download disitus resmi produsen ponsel android anda, saya sudah sediakan link downloadnya disini :

•    Driver USB Samsung
•    Driver USB Asus
•    Driver USB Oppo
•    Driver USB Xiaomi

7. Tool TambahanPonsel android menyerupai Samsung memerlukan alat instalasi Firmware bantu berupa acara khusus yang disebut ODIN. Program Odin terdiri dari berbagai versi. Ponsel android Samsung terbaru biasanya memerlukan versi Odin yang lebih gres pula. Penjelasan perihal cara penggunaan Odin saya akan jelaskan di postingan Cara menggunakan Odin untuk Flash Ponsel Android Samsung.

8. Firmware / ROMFirmware / ROM biasanya sanggup dengan simpel kita dapatkan disitus resmi masing-masing produsen ponsel yang anda gunakan. Masing-masing ROM punya kode tersendiri sehingga anda harus lebih teliti sebelum tetapkan untuk mendownloadnya. Pada masalah ponsel android Samsung, meskipun ponselnya memiliki tipe dan seri yang sama tapi tidak menjamin memiliki pita dasar yang sama. Begitu juga dengan Asus, firmware yang akan diinstal harus menggunakan SKU yang sama menyerupai : WW, TC dll.

Penjelasan perihal bagaimana menerima Firmware / ROM yang tepat akan saya jelaskan di postingan saya sebelumnya Situs Terlengkap Download Firmware Android Samsung.

Upgrade Android Samsung 

Untuk panduan Upgrade hape merk Samsung, saya gunakan rujukan Milky Way J7 Prime yang menerima jatah pembaruan versi android Nougat dan Milky Way Grand Prime yang sebelumnya Kit-Kat sanggup ditingkatkan ke Lollipop

Upgrade Via OTA. Pertama pastikan anda telah menerima notifikasi adanya pembaruan sistem pada perangkat anda yang ditandai dengan adanya ikon tanda 1 pada sajian setting. Setelah itu sistem android perangkat anda akan mencari file update di server Samsung dan menampilkan informasi update menyerupai gambar berikut ini :

Klik tombol download untuk mulai mengunduh file update tunggu prosesnya terminal 100%. Ada baiknya anda membiarkan proses download berjalan tanpa melakukan aktifitas lain menyerupai internetan. Takutnya nanti aktifitas tersebut sanggup mengurangi kecepatan download sehingga prosesnya semakin lama. Setelah terminal sistem akan melakukan restart dan harap maklum jikalau booting pertama kali agak sedikit lama. Karena sistem gres terlebih dahulu memindai hardware dan aplikasi yang telah terpasang pada sistem sebelumnya.

Tunggu proses instalasi terminal sampai sistem menampilkan halaman muka dengan tampilan Android gres (Nougat).

Via Samsung KiesSamsung KIES (Key Intuitive Easy System) merupakan acara khusus yang dikembangkan oleh Samsung untuk memudahkan pengguna smartphone Milky Way dalam : Membuat cadangan (Back Up) File, kontak, Firmware dll. Samsung KIES juga dirancang biar sanggup memudahkan anda melakukan pembaruan arrangement apabila perangkat Milky Way anda menerima jatah Firmware Android terbaru.

Bagaimana cara menggunakan Samsung KIES untuk menjalankan Upgrade Android…?

Pertama download dulu acara Samsung KIES disini. Yang perlu anda ingat adalah downloadlah Samsung KIES versi three bukan yang lain.

Mengapa harus Samsung KIES versi 3…?

Karena Samsung KIES versi 2.6 ditujukan untuk perangkat Samsung Milky Way yang menjalankan Android 4.2 kebawah. Sedangkan Milky Way Grand Prime SM-G530H menjalankan Android Kit Kat Versi 4.4.

Untuk Driver USB anda tidak perlu menginstalnya, lantaran didalam installer Samsung KIES sudah ada driver terbaru.

Setelah anda download acara Samsung KIES, segera install pada reckoner (dianjurkan menggunakan laptop) tapi jangan dijalankan dulu sampai perangkat Samsung Milky Way sudah siap untuk diupgrade.

Sebelum mulai, ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan adalah :

  • Pertama, pastikan baterai perangkat Smartphone anda dayanya telah terisi 100%. Hal ini untuk menghindari terhentinya proses upgrade ditengah jalan lantaran Smartphone kehabisan daya.
  • Kedua, lakukan backup Kontak, file-file penting didalam memori internal lantaran akan dihapus ketika proses upgrade berlangsung.
  • Ketiga, pastikan reckoner yang anda gunakan memiliki koneksi cyberspace yang cepat dan stabil. Cepat atau tidak proses upgrade menggunakan KIES tergantung dari kecepatan cyberspace anda.
  • Keempat, catat Model perangkat Milky Way anda misalnya SM-G530H. Catat juga Nomor IMEI yang sanggup anda lihat di sticker dibelakang baterai Smartphone atau tekan “ *#06# ” di dial pad.
  • Kelima catat versi pita dasar yang sanggup anda lihat dengan membuka sajian : Setting / Tentang Perangkat / Versi Pita Dasar yang ada ukiran pena HXCU atau XXU.

Masing-masing perangkat punya pita dasar yang berbeda. Versi pita dasar ini akan kita gunakan nanti ketika mencari firmware yang Smartphone anda butuhkan untuk kita install menggunakan Odin.

Setelah semua persiapan terminal matikan smartphone anda. Langkah selanjutnya masuk ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol Home + Volume Bawah + Power. Bila anda mengalami kesulitan masuk ke Download Mode lantaran perangkat buru-buru masuk menu. Siasati dengan menekan tombol kombinasi satu persatu menyerupai tekan Home kemudian Volume Bawah gres kemudian tombol power.

Tunggu beberapa ketika sampai muncul peringatan akan bahaya menginstal OS Custom. Abaikan saja dengan menekan tombol Volume Atas untuk menlanjutkan atau Volume Bawah untuk Cancel. Jalankan Aplikasi Samsung KIES dan sambungkan Smartphone dengan komputer menggunakan kabel data. Tunggu beberapa ketika sampai KIES mengenali dan perangkat anda.

Akan ada persan Pop Up yang meminta anda untuk mengkonfirmasi apakah anda akan melanjutkan proses. Langsung saja anda klik “Confirm” untuk melanjutkan. Selanjutnya anda akan melihat tampilan awal Samsung KIES, klik pada sajian TOOLS dan pilih submenu “FIRMWARE UPGRADE AND INTIALITATION “. Anda akan diminta memasukkan nama atau tipe perangkat samsung galaxy anda misalnya SM-G530H. Setelah itu masukkan nomor IMEI yang sudah anda catat kemudian klik OK untuk melanjutkan.

Begitu juga apabila ada pesan peringatan bahwa aktifitas upgrade ini akan menghapus semua file didalam memori internal abaikan saja kemudian klik tombol START UPGRADE. KIES akan mendownload firmware yang cepat atau tidaknya tergantung kecepatan cyberspace anda. Proses ini akan berlangsung lama, jadi anda sanggup melakukan aktifitas lain menyerupai ngopi dan merokok asal jangan sampai lupa kalau anda sedang upgrade firmware.

Setelah mendownload KIES akan menginstall firmware dan prosesnya akan ditampilkan pula pada perangkat anda. Apabila proses install selesai, Smartphone akan melakukan Restart dan booting agak sedikit lama untuk menginstall aplikasi bawaan sistem.

Menggunakan OdinBerbeda dengan kedua tadi yang menggunakan Samsung KIES, cara ketiga menggunakan Odin tidak perlu terkoneksi ke internet.

Cuma..

Firmwarenya harus anda download terlebih dahulu sesuai dengan tipe hape dan pita dasar yang mimin minta untuk dicatat diawal tadi. Untuk menerima firmware yang anda butuhkan caranya telah mimin jelaskan secara lengkap Tutorial Download Firmware Samsung. Silahkan gunakan cara yang menurut anda paling mudah.

Firmware yang telah didownload biasanya masih dalam format zip. Sedangkan ekstensi file dari firmware sesudah dikestrak adalah MD5. Gunakan acara 7Zip untuk mengkestrak firmware yang telah anda download kemudian letakkan dalam satu folder bersama dengan acara Odin.

Untuk acara Odin sendiri sanggup anda download dan baca panduan dari masing-masing tombol yang ada pada acara Odin di artikel ini.

Tidak lupa pula download dan install Driver USB samsung terbaru yang sesuai dengan sistem operasi windows (32 atau 64 bit) yang anda gunakan pada komputer ( direkomendasikan menggunakan laptop).

Tapi jikalau anda sudah menginstall aplikasi Samsung KIES dikomputer, anda tidak perlu menginstall driver lantaran didalam KIES sudah terdapat driver terbaru.

Aktifkan Developer Mode ( Mode Pengembang) pada perangkat Samsung Milky Way Grand Prime anda dengan cara : buka sajian Setting (Setelan) / About Phone (Tentang Perangkat) / Baseband Version (Versi Pita Dasar) kemudian ketuk lima kali berturut-turut.

Anda akan mendapati sajian gres yakni Mode Pengembang tepat diatas sajian Tentang Perangkat. Buka sajian developer agency tadi kemudian aktifkan Debuging USB ( Mendebug USB), cara mengakitkfannya tinggal diklik saja (Swipe).

Setelah semua persiapan lengkap, saatnya masuk ketahap flashing Grand Prime menggunakan Odin. Pertama matikan Milky Way Grand Prime kemudian masuk Download Mode. Caranya telah mimin jelaskan diawal, jikalau lupa silahkan baca kembali. Jalankan acara Odin kemudian alihkan perhatian ketombol “ AP ” atau “ PDA ” yang berada disebelah kanan aplikasi Odin. Klik tombol tersebut untuk memasukkan firmware yang sudah diekstrak dengan ekstensi file MD5.

Proses ini agak sedikit lama lantaran ukuran firmware sesudah diekstrak sanggup membesar sampai 2X (dua kali) lipat. Akan ada pesan “ Added “ di Messages Box yang menunjukan firmware berhasil diload. Selanjutnya hubungkan Grand Prime dalam posisi Download Mode tadi dengan komputer menggunakan kabel data.

Berbicara perihal kabel data, sangat dianjurkan untuk menggunakan kabel information asli (bawaan) serta dalam kondisi baik dan tidak pernah terjadi gangguan ketika digunakan melakukan pengisian daya. Menggunakan kabel information yang bermasalah hanya akan membuat gagal proses upgrade.  Firmware sehingga menjadikan smartphone Bootloop dan dilema lain yang lebih parah menyerupai kerusakan EMMC.

Klik tombol kickoff untuk memulai proses install yang akan berlansung 5-7 menit saja dan perangkat akan RESTART sesudah penginstalan firmware komplit 100%. Proses booting pertamakali akan sedikit lebih lama dari biasanya lantaran sistem akan memasang aplikasi bawaan sistem yang baru.

Setelah masuk kemenu dengan melakukan settingan perangkat pertama kali maka sanggup dikatakan proses Upgrade Android Grand Prime ke Lollipop sukses.

Upgrade Android Oppo 

Untuk ponsel Android merk Oppo, saya hanya menggunakan ii metode berikut adalah Via OTA dan System Recovery.

#1. Upgrade Via OTA
  • Buka sajian pengaturan pada ponsel .
  • Pilih perihal PONSEL / PERBARUI SISTEM / PERBARUI SEKARANG
  • Jika tersedia, ponsel anda akan secara otomatis mendownload file update yang diperlukan.
  • Setelah selesai, anda akan diminta untuk menginstall file update tadi dan ponsel akan RESTART.
#2. Upgrade Via System Recovery

Cara berikutnya ini cocok bagi anda yang punya paket information cyberspace terbatas.
  • Pertama download terlebih dahulu ROM Color OS terbaru di www.oppo.com/id/downloads
  • Setelah download selesai, pindahkan file update yang telah didownload tadi ke ROOT DIRECTORY ( penyimpanan internal ) tanpa dimasukkan kedalam folder lagi.
  • Mulai proses penginstalan dengan masuk ke System Recovery dengan cara menekan tombol“ POWER + VOLUME BAWAH “ secara bersamaan.
  • Setelah masuk sistem recovery lakukan WIPE DATA DAN CACHE untuk menghapus information dan cache aplikasi yang ada pada arrangement sebelumnya.
  • Proses WIPE DATA DAN CACHE ini tidak sanggup anda lewatkan, lantaran sanggup menjadikan Error ketika installasi arrangement baru.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih sajian INSTAL FORM SD CARD kemudian cari file update yang sudah anda download tadi
  • Klik file tersebut, kemudian pilih opsi install UPGRADE NOW.
Supaya terang anda sanggup tonton video Tutorial berikut :


Upgrade Android XIAOMI 

Ada tiga cara yang sanggup anda gunakan untuk meningkatkan versi android. Sebagai contoh, saya menggunakan hape Xiaomi Redmi 4X yang akan di Upgrade ke Nougat dengan balutan antar muka MIUI 9.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

#1. Upgrade Via Over The Air (OTA)

Istilah Over The Air (OTA) maksudnya adalah kita mendownload ROM terbaru langsung dari perangkat xiaomi dengan mengakses sajian pembaruan yang ada pada setiap perangkat xiaomi.

Caranya, buka sajian : SETELAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM / PERIKSA PEMBARUAN.

Apabila tersedia pembaruan perangkat lunak terbaru, anda tinggal mengikuti arahan yang diberikan yakni mengklik tombol update (perbarui).

Karena ukuran file yang harus didownload cukup besar yakni sekitar 1,5 GB, sebaiknya anda menggunakan jaringan Wifi (yang kencang tentunya) ketika mendownload file update.

Mengapa…?

Karena kalau anda menggunakan jaringan seluler, information yang dibutuhkan cukup banyak (tidak apa-apa kalau paket information cyberspace anda melimpah).

Selain itu, proses download agak lebih lama lantaran tergantung kondisi jaringan provider cyberspace yang anda gunakan.

Bukan itu saja dilema yang akan ditemukan apabila anda nekad download pembaruan android dengan information seluler, lantaran mendownload menggunakan information akan membuat hape cepat panas sehingga menguras daya baterai lebih cepat. Untuk itu pastikan kondisi baterai dalam kondisi penuh 100%.

Syarat lain agar  sanggup menginstall paket permbaruan sistem setidaknya dibutuhkan ii GB ruang kosong pada ruang penyimpanan internal dan kondisi daya baterai minimal 30%.

Jika tidak memenuhi kedua syarat tersebut maka proses install tidak akan sanggup dilakukan.

Metode OTA ini sangat simpel dijalankan, tapi mengingat information cyberspace yang digunakan cukup banyak dan juga tidak semua orang punya jaringan Wifi yang kencang, ada baiknya bagi anda untuk mempertimbangkan opsi kedua yakni Cara manual.

#2. Cara Manual

Yang saya maksud metode manual adalah firmware atau ROM terbaru kita download manual terlebih dahulu gres sesudah itu kita install.

Bagaimana cara downloadnya…?

Pertama kunjungi https://en.miui.com  kemudian Pada halaman muka situs anda akan menemukan tampilan awal menyerupai gambar berikut (mini browsing menggunakan hape) :

Klik tombol miui nine yang ada disebelah kanan, kemudian anda akan diarahkan kehalaman download ROMuntuk masing-masing perangkat.

Disini anda tidak perlu heran jikalau ROM MIUI tidak hanya tersedia untuk perangkat xiaomi saja tapi juga tersedia juga untuk merk hape lain menyerupai Samsung, Motorola, Oppo, HTC dll.

Untuk mulai mendownload ROM anda hanya tinggal klik “All Device” kemudian scroll layar perangkat kebawah dan temukan merk dan tipe hape yang anda gunakan.

Jika saya ingin mendownload ROM untuk hp Xiaomi lain, bagaimana cara mengetahui tipe hp yang saya gunakan.

Untuk mengetahui tipe perangkat, anda sanggup melihat box (kemasan) perangkat anda dan pasti ada.
Tapi kalau anda beli barang bekas, anda sanggup membuka sajian : SETELAN / TENTANG PONSEL.

Disana anda sanggup melihat Nomor Model perangkat anda misalnya Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi 5A dll. Selain itu ada informasi versi android yang anda gunakan ketika ini dan tipe ROM (Versi MIUI).

Dengan informasi ini maka ketika anda ingin mendownload RO Mpastikan telah sesuai dengan tipe ROM yang digunakan kini (Stabil atau Developer), misalnya :Versi Android 6.11 dengan Versi MIUI : MIUI 8 Global 8.2 Stabil atau MIUI 8.2 Beta untuk Developer ( angka yang tercantum hanya rujukan saja).

Setelah ketemu langsung klik saja kemudian anda akan dibawa kehalaman download firmware untuk perangkat xiaomi anda.

Ada dua pilihan firmware yang akan diberikan adalah : Global ROM dan Chinese ROM.

Dua ROM ini dibagi lagi menjadi dua versi adalah : versi Stabil (direkomendasikan) dan versi Developer yang ditujukan untuk para developer (pengembang).

Perbedaan antara ROM versi Global dan PRC terletak pada keberadaan aplikasi Google.

Sebagaimana kita ketahui, di china Google sudah ditendang dan produk mereka dilarang, sehingga pada ROM PRC tidak akan anda temukan Playstore, Gmail, Google Maps dll, melainkan diganti produk sejenis yang dikembangkan developer dalam negeri PRC sendiri.

Untuk menginstall aplikasi google pada ROM China, anda memerlukan aplikasi Google Installer.
Google installer adalah aplikasi yang akan menginstall Google Playstore pada perangkat Xiaomi dengan ROM China, sesudah Plasystore terinstall anda tinggal download aplikasi google lain menyerupai perangkat android pada umumnya.

Sedangkan ROM Global pastinya kebalikan dari ROM china dimana semua aplikasi Google sudah nangkring dan dijadikan sebagai aplikasi default.


Setelah anda memilih ROM yang anda perlukan, silahkan download filenya kemudian letakkan pada memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder lagi biar nanti simpel dicari ketika melakukan instalasi.

Untuk menginstall ROM yang telah didownload buka sajian : SETELAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SYSTEM.

Arahkan perhatian anda ke pojok kanan atas dibawah icon baterai, ada tombol berupa tiga buah titik untuk menampilkan opsi selanjutnya dari sajian pembaruan system.

Akan ada v buah pilihan yakni : unduh pembaruan, pilih paket pembaruan, pembaruan otomatis, mulai ulang ke agency pemulihan (Recovery) dan apa yang baru.

Karena kita sudah punya file upgrade yang dibutuhkan maka kita memilih opsi kedua yakni “ PILIH PAKET PEMBARUAN “ .

Pilih opsi tersebut kemudian cari file yang telah didownload tadi dengan aplikasi Mi File Manager dan klik file yang dimaksud kemudian tekan “ OKE”.

Pastikan anda terkoneksi cyberspace lantaran sebelum diinstall file akan diverifikasi terlebih dahulu.

Setelah itu akan muncul tombol perbarui yang artinya ROM siap untuk diinstall.

Setelah proses instalasi terminal selanjutnya perangkat melakukan restart untuk menyempurnakan proses instalasi arrangement baru.

Namun terkadang, kedua proses diatas mengalami kebuntuan lantaran perangkat menolak untuk menginstall ROM.

Terus bagaimana solusinya…?

Ibarat orang kalau sudah pakai cara halus menyerupai dua metode diatas tapi tidak mempan, maka langkah selanjutnya kita menggunakan cara kasar.

Cara bernafsu yang dimaksud dengan menginstallnya melalui CustomRecovery pihak ketiga menyerupai TWRP.

#3. Menggunakan TWRP

Menginstall Custom Recovery menyerupai TWRP ada banyak manfaatnya meskipun ada juga resikonya menyerupai kerusakan perangkat (jarang terjadi) dan hangusnya garansi.

Manfaat Menginstall TWRP pada perangkat Xiaomi :
  • Memudahkan kita melakukan penginstalan ROM terbaru maupun berpindah ROM misalnya dari ROM Stabil ke versi Developer atau sebaliknya;
  • Memudahkan kita menginstall custom ROM ;
  • Memungkinkan kita melakukan Rooting pada perangkat sehingga anda sanggup mengoprek arrangement ;
  • Memudahkan kita mengisntal aplikasi tertentu menyerupai Dolby Atmos biar kualitas well makin jernih dan kencang atau aplikasi tweak arrangement menyerupai Xposed ;
  • Memudahkan kita membersihkan arrangement dari file cache dan sampah yang terkadang tidak sanggup dihapus melalui aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ;
  • Memudahkan kita melakukan Back upwardly ROM dan merestorenya kembali tanpa perlu flash ulang.
  • Masalahnya, Untuk sanggup menginstall TWRP ada syaratnya adalah : perangkat xiomi telah Unlock Bootloader, dengan mengirim permohonan unlock ke pihak Xiaomi terlebih dahulu.
Lalu bagaimana tepatnyacaraUnlock Bootloader dan install TWRP itu sendiri..?

Saya tidak akan menjelaskan cara Unlock Bootloader dan install TWRP lantaran artikel ini akan menjadi panjang.

Untuk penjelasan perihal cara unlock bootloader panduannya sanggup anda baca pada artikel berikut ini perihal cara unlock bootloaderdan disini untuk install TWRP yang telah dijelaskan dengan sangat lengkap.

Setelah bootloader terbuka dan TWRP terinstall, saatnya hukuman menginstall ROM gres menggunakan Custom Recovery TWRP.

Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol“ Volume Up + Power “  dan tahan, tunggu sampai perangkat bergetar kemudian lepaskan.

Jika malas mematikan perangkat, anda sanggup masuk TWRP dengan cara masuk sajian : SETELAN / TENTANG PERANGKAT / PEMBARUAN SISTEM.

Seperti yang telah dijelaskan diawal tadi, klik titik tiga dipojok kanan atas untuk mengakses pilihan selanjutnya, kemudian pilih opsi yang keempat yakni “ MULAI ULANG KE MODE PEMULIHAN “ kemudian klik tombol mulai ulang sekarang.

Ada 8 buah sajian yang diberikan yakni : Install, Wipe, Backup, Restore, Mount, Setting, Advance, dan Reboot.

Karena kita akan menginstall ROM, langkah pertama kita bersihkan dahulu arrangement yang digunakan ketika ini dengan melakukan WIPE CACHE DAN DALVIK / ART CACHE.

Caranya, klik sajian WIPE / ADVANCE VIEW LALU CENTANG ART / DALVIK CACHE dan Cache kemudian SWIPE untuk eksekusi.

Mengapa ini perlu…?

Dari beberapa penjelasan yang saya dapat, melakukan Wipe information dan Cache mengurangi terjadinya Error pada ketika proses install ROM baru, untuk itu tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Selanjutnya…

Tekan tombol dorsum dan kembali ke sajian utama, klik sajian install, cari file update yang akan kita install dan swipe untuk eksekusi.

Proses instalasi agak sedikit lama, apalagi ketika proses telah mencapai 90%.

Setelah selesai, REBOOT / RESTART perangkat dengan mengklik tombol Reboot dan pilih Reboot ke System.

Dengan demikian proses upgrade telah berhasil dilakukan.

Cara Upgrade Android Hape ASUS (ZE550KG Lollipop ke Marshmallow)

Seperti menyerupai hape merk lainnya, hape merk Asus juga menyediakan sajian untuk memudahkan proses pengecekan adanya pembaruan sistem.

Anda hanya perlu menjalankan aplikasi tersebut dan mengecek pembaruan sistem yang tersedia.

Alternatif lainnya, anda sanggup menggunakan cara manual menggunakan System Recovery bawaan Asus.

Cara instalasi firmware android pada ponsel Asus menurut saya yang paling mudah, lantaran tinggal anda re-create firmware yang telah didownload tadi ke memori internal menggunakan kabel data.

Setelah terminal anda re-create file tersebut kemudian anda cabut kabel USB dari ponsel, arrangement Android akan memberitahukan ada file update tersedia.

Tap tombol pemberitahuan tersebut kemudian ada perintah untuk instal firmware.

Prsoes instalnya agak lama, jadi pastikan anda sudah mengisi daya baterai sampai penuh.

Apabila nanti anda ingin downgrade, anda tinggal re-create firmware Lollipop yang stabil, kemudian namai ulang menyerupai firmware terbaru.

Prosesnya sama menyerupai ketika upgrade, tapi nanti sesudah anda install firmwarenya lakukan reset via System Recovery.

Yup itulah beberapa panduan yang sanggup anda gunakan untuk melakukan Upgrade Versi Android Hape anda.

Untuk hal-hal yang kurang jelas, silahkan tanyakan via kolom komentar.

0 Response to "Cara Kondusif Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel