Agar Hape Android Irit Baterai Dan Tidak Cepat Habis

Cara Hemat Baterai Android - Saya pribadi kalau ingin membeli hape android , komposisi hardware utama ibarat layar, SoC yang digunakan, jumlah RAM dan ROM jadi prioritas utama.

Yang tidak kalah penting, kapsitas daya simpan baterai dari hape yang saya incar harus besar, paling tidak 3000 mAH. Saya tidak akan melirik hape android yang baterainya berkapasitas kurang dari angka tersebut.

Syukurnya, rata-rata hape keluaran gres ibarat Samsung Seri M sudah lebih dari 3000 mAH. Malahan Asus Zenfone Max Pro sudah 5000 mAH sehingga untuk pemakaian saya pribadi, 5000 mAH bakalan tahan iii hari.

Tetapi, meski rata-rata hape gres sudah memiliki kapasitas daya baterai yang cukup tinggi. Kebanyakan pengguna masih saja menganggap angka 3000 itu kurang, terutama pecinta game online.

Jadi  menurut ekonomis saya, bukan kapasitas baterainya yang kurang tetapi penggunanya yang tidak tau batas. Kalau mau baterai hape tahan pemakaian satu bulan sekalian baterai hapenya diganti dengan AKI Mobil.

Untuk anda yang penggunaan hapenya standar-standar saja tapi daya baterai cepat habis, berikut tips dari saya yang semoga saja sanggup memabantu mengatasi masalah anda.

Agar Hape Android Hemat Baterai dan Tidak Cepat Habis

 Saya pribadi kalau ingin membeli hape android  Agar Hape Android Hemat Baterai dan Tidak Cepat Habis

1. Gunakan Versi Android Terbaru

Untuk anda yang perangkatnya mendukung atau menerima pembaruan sistem ke android Pie sebaiknya jangan ditunda, segera lakukan upgrade sekarang juga.

Selain tampilan antarmuka sistem jadi kian menarik dengan icon gres yang lebih kece, ponsel juga jadi lebih efisien dalam penggunaan daya.

Hape android yang menjalankan android pie memiliki ketahanan baterai yang lebih baik alasannya ialah ialah didalam sistemnya sendiri sudah terpasang fitur Adaptive Battery.

Apa Itu Adaptive Battery

Adaptive Battery ialah fitur gres di Android Pie dengan kecerdasan buatan (AI) dimana sistem sanggup menganalisa kebiasaan penggunanya pada ketika menjalankan aplikasi kemudian memilah aplikasi-aplikasi tersebut menjadi aplikasi yang rutin digunakan dan aplikasi yang jarang digunakan.

Setelah mengelompokkan aplikasi menurut intensitas penggunaan, sistem akan memprioritaskan daya hanya kepada aplikasi yang rutin dipakai. Sedangkan sisanya akan dibiarkan tidak aktif dan dicegah untuk mengkonsumsi daya dilatarbelakang.

Cara Menggunakan Adaptive Battery

Untuk mengaktifkan fitur adaptive battery pada ponsel android yang sudah menjalankan android Pie sanggup lewat hidangan PENGATURAN→ BATERAI→ BATERAI ADAPTIVE. Tinggal geser Togle kekanan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Perlu untuk diingat jikalau cara diatas hanya berlaku pada perangkat dengan Stock Android ibarat Google Pixel, Mi A1, Mi A2,Mi A2 Lite dll.

Sedangkan untuk ponsel merek lain ibarat Samsung contohnya caranya beda lagi.

Cara Mengaktifkan Adaptive Battery Hape Android Samsung

  • Buka hidangan PENGATURAN pada hape samsung anda kemudian buka sub hidangan “ PERAWATAN PERANGKAT “.
  • Pada sub hidangan PERAWATAN PERANGKAT, tap pada ICON BATERAI yang ada di pojok kiri
  • Tap kembali MODE DAYA (POWER MODE) kemudian aktifkan Togle PENGHEMAT DAYA ADAPTIF (ADAPTIVE POWER SAVING).

Selain memiliki fitur adaptive Battery, Android Pie juga punya fitur manner gelap (Dark Mode) yang mana fitur ini akan menekan penggunaan daya secara signifikan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

 Saya pribadi kalau ingin membeli hape android  Agar Hape Android Hemat Baterai dan Tidak Cepat Habis
Perbedaan Penggunaan Daya Antara Mode Gelap dan Normal

Dari sebuah pengujian yang dilakukan google, streaming youtube dengan manner kecerahan layar otomatis serta mengaktifkan manner gelap sanggup menekan penggunaan baterai sampai 70%.

Sedangkan disaat menggunakan manner tampilan biasa, meski dengan kecerahan layar 0%, penghematan yang sanggup dilakukan hanya sampai 30%.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode di Android).

Cara Akktifkan Mode Gelap (Dark Mode) di Android Pie

Untuk ponsel yang menjalankan Stock ROM android, sanggup lewat hidangan Pengaturan→Tampilan→Pengaturan Lanjutan→Tema Perangkat.

Nanti ada iii pilihan opsi yang tersedia yakni : Otomatis (Berdasarkan Wallpaper), Cerah dan Gelap. Selanjutnya, pilih opsi Gelap guna mengaktifkan Dark Mode.

Sedangkan untuk hape Samsung yang sudah menjalankan Android Pie dengan balutan One UI sanggup menggunakan fitur manner gelap yang dinamakan Mode Malam. Anda tinggal buka hidangan Pengaturan→ Tampilan→Mode Malam.

Mengaktifkan Mode Gelap Pada Aplikasi

  • Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Menu Kontak : Buka Menu Phone settings - Display options - Dark theme
  • Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Menu Pesan : Option push - Enable Dark Mode
  • Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Aplikasi YouTube : Settings - General - Dark Theme
  • Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Aplikasi Maps : Settings - Navigation settings - Map display – Night

2. Aktifkan Penghemat Baterai

Perangkat Android terbaru sesungguhnya sudah punya aplikasi penghemat daya yang sanggup digunakan pada ketika persentase baterai telah memperlihatkan angka 15%.

Yang perlu anda lakukan ialah menekan icon baterai pada kafe pemberitahuan atau mengaktifkannya secara manual dengan membuka hidangan Setting Baterai Penghemat Baterai .

Swipe kekanan tombol aktifasi otomatis semoga pengehmat baterai akan mulai pada ketika persentase baterai memperlihatkan angka 15% (default) atau anda sesuaikan sendiri sesuai keinginan.

Nantinya sehabis anda mengisi daya baterai sampai penuh, fitur penghemat baterai otomatis ini akan terhenti dan aktifk kembali sehabis sampai pada batas persentase baterai yang sudah anda setting sebelumnya.

Perlu untuk anda ingat bila cara diatas berlaku pada ponsel Android yang menjalankan Stock Android.

Bila menggunakan Custom ROM resmi ibarat One UI milik Samsung misalnya, anda sanggup mengaktifkan Penghemat Daya Ultra dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Mode Hemat Daya Ultra (Ultra Saving Mode) di Hape Samsung

  • Tap / ketuk icon "Apps" pada Home screen.
  • Tap / ketuk pada icon "Settings".
  • Geser layar ke kepingan bawah untuk mengakses "more Settings".
  • Pilih dan tap / ketuk pada "Battery settings".
  • Pilih dan tap / ketuk pada pilihan "Ultra ability saving mode".
  • Geser switch ke sisi kanan untuk mengaktifkan "Ultra ability saving mode".

3. Stabilkan Jaringan Perangkat Android Anda

Sebagai informasi, jaringan yang kurang stabil akan memaksa antena bekerja lebih keras menangkap sinyal . Akibatnya, daya pada baterai akan terkuras lebih banyak hanya untuk menangkap sinyal.

Makanya banyak didaerah yang jaringan internetnya kurang stabil ibarat dirumah saya, ponsel Samsung selalu jadi idola alasannya ialah ialah dari cerita penggunanya sinyal hape Samsung lebih stabil dari hape merek lain.

Mengapa demikian...?

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas perihal Samsung Signal Max yang ada di beberapa seri Samsung Galaxy, salah satunya adalah  Samsung J4.

Fitur Signal Max ini berguna untuk memperkuat tangkapan sinyal jaringan dengan menempatkan dua buah antena sekaligus yang terletak di atas dan bawah perangkat.

Satu dari dua antena yang ada bertugas sebagai antena utama, sedangkan antena yang satunya lagi bertindak sebagai antena sekunder.

Tangkapan sinyal dari antena sekunder akan ditransfer ke antena utama dengan perlindungan software D.A.T (Dynamic Antenna Technology) yang dikembangkan oleh Samsung.

Dengan metode ini, ponsel samsung yang menggunakan teknologi indicate max akan menerima kualitas jaringan yang lebih baik alasannya ialah ialah sinyal ditangkap dengan maksimal.

Lalu bagaimana dengan hape merek selain samsung yang tidak punya fitur Signal Max...?
Caranya ialah dengan Lock Jaringan.

Cara Lock Jaringan Ponsel Android

Pengertian Lock Jaringan pada ponsel android ialah mengatur perangkat semoga menangkat satu tipe jaringan (sinyal) yang dianggap paling stabil.

Misalnya saja nih, di tempat anda jaringan 4G LTE masih turun naik. Supaya baterai tidak cepat habis sebaiknya anda ubah tipe jaringan default yang digunakan ke HSPA / 3G.

Untuk menyetel tipe jaringan pada ponsel android umumnya sanggup dilakukan dengan mensettingnya di hidangan pengaturan.

Atau sanggup juga dengan instruksi pengujian telpon dengan instruksi *#*#4636#*#*. Kemudian pilih informasi telepon kemudian setel jenis jaringan yang disukai.

Selesai...

4. Gunakan Aplikasi Lite

Aplikasi Lite atau versi ringan dari aplikasi standar marak dikembangkan jejaring sosial ternama ibarat Facebook salahsatunya.

Aplikasi Lite selain memiliki ukuran APK yang mini juga lebih baik dibandingkan aplikasi standar dalam hal menghemat information dan juga daya.

Mengakses Facebook atau Twitter lewat aplikasi spider web tidak membutuhkan information network yang banyak alasannya ialah ialah beberapa fitur yang selama ini menguras information dihilangkan.

Selain itu, aplikasi versi Lite juga sangat ramah baterai karena konsumsi daya yang sedikit sehingga mengakses jejaring sosial lewat aplikasi ini tidak bikin baterai hape cepat soak.

Bagaimana sanggup begitu...?

Selain mengurangi animasi tampilan, aplikasi tipe Lite ini juga lebih praktis dibuka meskipun jaringan yang digunakan tidak secepat negara yang koneksi internetnya sudah kencang ibarat Korea Selatan dan Singapura.

Makanya, tujuan dikembangkannya aplikasi ini guna memenuhi kebutuhan pengguna akan aplikasi jejaring sosial di negara yang koneksinya lambat ibarat Bharat dan tentunya Indonesia.

Jadi, meski sinyal yang didapat 3G Facebookan dengan Facebook Lite sudah pasti lancar jaya.
Begitulah kura-kura pemirsa...

Download Facebook Lite

5. Gunakan Aplikasi Pengehmat Baterai (Bila Perlu)

Dengan menerapkan four langkah pengehamatan daya yang sudah dijelaskan caranya diatas, anda akan sanggup pribadi merasakan manfaatnya.

Tapi kalau anda belum yakin...

Itu sih namanya keterlaluan brother...

Tapi tenang, masih ada satu lagi cara yang saya rekomendasikan untuk mengehmat daya baterai sehingg tidak cepat habis dan tahan seharian.

Cara yang dimaksud ialah memasang aplikasi pengehmat baterai.

Saat ini anda sanggup menemukan banyak aplikasi jenis ini di playstore. Saking banyaknya, anda pasti gundah mau pilih yang mana.

Supaya tidak bingung, saya kasih saja daftarnya dan pribadi anda coba dan bandingkan mana yang lebih baik.

iii Aplikasi Pengehmat Daya Baterai Terbaik di Playstore

#1. Greenify

Greenify ialah salah satu aplikasi penghemat baterai yang paling populer. Greenify akan mengidentifikasi serta mendata aplikasi yang membuat hape ON (pemberitahuan) sehabis masuk slumber mode.

Dilengkapi dengan kecerdasan buatan, aplikasi ini akan menyeleksi mana aplikasi yang pemberitahuannya diakses pengguna dan yang diabaikan. Aplikasi ini juga memiliki fitur modern untuk Android Nougat dan Android Pie dimana ada fitur dengan manner Aggressive Doze dan Doze yang sanggup dipilih sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini sanggup dipasang pada perangkat yang sudah di root dan non-root. Namun, Anda akan menerima lebih banyak fungsi bila perangkat sudah di root.

Semua fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini gratis. Ada juga versi bantuan yang bersifat opsional yang seharga $ 2,99 (di Playstore harganya akan pribadi di konversi menjadi Rp ) jikalau Anda ingin mendukung pengembangan aplikasi kedepannya.

Download Greenify

#2. Gsam Battery Monitor

Gsam Battery Monitor ialah aplikasi penghemat baterai terkenal lainnya yang ada di Playstore. Gsam Battery Monitor tidak akan melakukan tindakan pengehmatan apapun melainkan menyuplai information kepada pengguna daftar aplikasi yang menghabiskan banyak daya.

 Setelah mengetahui aplikasi apasaja yang perlu dipangkas penggunaan dayanya, anda tinggal hukuman dengan cara menghapus aplikasi bila memungkinkan serta tidak anda perlukan, atau menonaktifkannya tanpa perlu dihapus dari sistem.

Menonaktifkan ialah pilihan yang tepat apabila agenda yang terindikasi menguras baterai merupakan bawaan sistem yang tidak sanggup dihapus.

Download Gsam Battery Monitor

#3. Servicely

Servicely ialah salah satu aplikasi penghemat baterai terbaik selanjutnya yang ada di Playstore tetapi khusus untuk perangkat yang telah di Root saja. Program ini bekerja dengan menghentikan layanan yang berjalan di latar belakang.

Metode penghematan yang dilakukan aplikasi Servicely membantu mencegah aplikasi jahat yang sering memperlihatkan pemberitahuan semisal promo Flash Sale, Diskon, Harga Tike yang tidak kita perlukan contohnya (Aplikasi apaan yaa).

Cuma, kadang aplikasi yang rutin dan perlu ibarat WhatsApp terkadang pemberitahuannya jadi telat balasan di halt proses sinkronisasinya oleh aplikasi ini sehingga harus disesuaikan dahulu mana aplikasi White List dan Black List-nya.

Download Servicely

Penutup

Demikian informasi perihal cara menghemat daya baterai android semoga tidak cepat habis dan tahan seharin. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Jangan lupa Share bila artikel ini bermanfaat dan komentar bila ada penjelasan yang dirasa kurang terang / lengkap sehingga sanggup diperbaiki dan dilengkapi secepatnya.

0 Response to "Agar Hape Android Irit Baterai Dan Tidak Cepat Habis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel