5 Cara Mengatasi Memori Penuh Hape Pada Android Tanpa Reset

Kali ini akan dijelaskan wacana langkah-langkah mengatasi memori penuh pada ponsel android tanpa perlu melakukan difficult reset sehingga perangkat disetel ulang dari awal ibarat menginstal aplikasi dan akun-akunnya. Anda juga tidak perlu melakukan flash ulang karena penyebab memori hape android yang tiba-tiba penuh itu sederhana sekali. Anda hanya perlu sedikit usaha dan tentunya tips yang akan dibagikan pada postingan ini.

Seperti halnya laptop, hape android mempunyai dua tipe memori yaitu RAM dan ROM. RAM bertugas menyimpan information sebelum diproses oleh CPU dan information yang ada didalam RAM sifatnya sementara dan akan hilang setelah perangkat dimatikan. Berbeda dengan ROM yang mampu menyimpan information secara permanen kecuali anda menghapusnya sendiri atau kondisi ROM rusak.

Kedua tipe memori pada perangkat android ini mampu penuh dan in conclusion yang ditimbulkan bila kedua memori tersebut amount yaitu hape jadi lelet, aplikasi tertutup sendiri bahkan hape restart otomatis.
Berikut yaitu langkah-langkah mengatasi memori cepat penuh pada ponsel android, baik itu ROM dan RAM.

 Kali ini akan dijelaskan wacana langkah five Cara Mengatasi Memori Penuh Hape Pada Android Tanpa Reset

five Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Hape Android Tanpa Reset dan Flash

  1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu
  2. Sesuaikan Kualitas Foto Pada Setelan Kamera
  3. Gunakan Aplikasi Dengan Kebutuhan Memori Rendah
  4. Gunakan Google Drive dan Foto
  5. Bersihkan Cache Secara Rutin

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Ponsel android pada umumnya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan. Baik itu yang dikembangkan Google sebagai pemilik android serta aplikasi yang dikembangkan produsen hape. Aplikasi google yang sudah terpasang di semua ponsel android antaralain : Gmail, Maps, Google Asisten, Google Playstore, Google Music. Sedangkan teladan aplikasi bawaan pabrikan antara lain : Browser, Email, MP3 Palyer, File Explorer dll.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada tentunya ada aplikasi yang tidak pernah digunakan, entah karena tidak butuh atau tidak tahu fungsinya. Meski tidak digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut tetap menghabiskan memori terutama ROM.

Supaya ruang penyimpanan anda bertambah untuk aplikasi lain yang memang benar-benar anda butuhkan misalnya aplikasi pendingin CPU, anda sebaiknya menghapus aplikasi tersebut.

Tapi ingat….

Tidak semua aplikasi bawaan mampu dihapus karena ada juga aplikasi yang terkait dengan sistem sehingga mencabutnya mampu membuat sistem android secara keselurahan jadi kacau. Solusinya anda mampu menonaktifkan aplikasi tersebut di sajian pengaturan aplikasi.

Baca Juga : Cara Aman Hapus Bloatware Androd Ponsel Samsung

2. Sesuaikan Kualitas Foto Pada Setelan Kamera

Kamera merupakan salah satu komponen yang jadi pertimbangan orang pada dikala membeli hape android. Saat ini resolusi dan fitur kamera android sudah semakin kompleks dan mampu bersaing dengan kamera DSLR sekalipun. Masalahnya, semakin tinggi kualitas kamera sebuah ponsel android, maka semakin besar pula ukuran gambar yang dihasilkan.

Kalau jumlah foto yang tersimpan cuma puluhan biji tentu bukan masalah, tetapi bila yang punya doyan selfie (terutama cewek) sehari mungkin mampu menghasilkan puluhan foto guna memenuhi kebutuhan similar dan komen disosial media.

Supaya memori internal hape anda tidak lekas penuh oleh foto-foto anda sehari-hari maka ada langkah yang mampu dilakukan yaitu : mengatur ulang kualitas jepretan kamera ke lebih rendah.

3. Gunakan Aplikasi Dengan Kebutuhan Memori Rendah

Semua orang juga sudah tahu bila aplikasi Sosial media ibarat FB dan Instagram merupakan aplikasi yang banyak memakan ruang penyimpanan, Data dan RAM. Jika anda dikala ini menggunakan ponsel android dengan RAM terbatas misalnya 1-2 GB, hindarilah menggunakan aplikasi FB dan Instagram standar karena akan membuat hape anda lemot saja.

Mualilah beralih ke aplikasi ringan yang  Saat ini sudah banyak dikembangkan guna memenuhi kebutuhan pengguna akan aplikasi ramah ROM dan RAM. Aplikasi yang sudah tersedia versi Lite-nya antara lain : Facebook dan Mesengger , Line, Twitter, Instagram, Linkedln, Like, Firefox, Spotify, Tik-Tok, Camera 360, Paralel Space, Bigo Live, Skype dll. Selain itu ada juga aplikasi Go yang dikembangkan Google ibarat Maps Go dan Files Go.

4. Gunakan Google Drive dan Foto

Google menyediakan layanan penyimpanan awan dalam aplikasi Drive dan Foto. Aplikasi Drive menyediakan kuota fifteen GB untuk masing-masing akun G-Mail yang aktif dan mampu digunakan untuk menyimpan segala jenis file. Selain itu anda mampu menambah kuota ruang penyimpanan dengan menyewa ruang tambahan. Berbeda dengan aplikasi Foto yang juga terintegrasi dengan Drive, aplikasi ini akan mengunggah foto yang dihasilkan dari kamera hape anda di Google Drive. Sehingga anda tidak perlu repot menyalinya ke Laptop.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi Google Drive Android Untuk Pemula

5. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan information sementara dalam smartphone. Fungsi utama cache pada dasarnya yaitu untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer information pada suatu aplikasi.

Tapi ada satu masalah, Cache bila tidak dihapus akan menyebabkan occupation ibarat ponsel menjadi lamban. Jika ponsel Android terasa lamban dan tidak mengerti apa penyebabnya, mampu jadi hal tersebut disebabkan oleh ukuran Cahce yang terlanjur besar sehingga sistem tidak punya ruang lagi untuk membuat Cache baru. Untuk itu, hapuslah cache aplikasi secara terpola misalnya saja 1X seminggu semoga jalannya sistem pada ponsel android anda selalu lancar.

Jika Cache dihapus setiap saat, maka pada dikala membuka aplikasi prosesnya membutuhkan waktu lebih lama serta memakan banyak daya baterai dan RAM.

Cara Menghapus Cache pada ponsel android yaitu Buka sajian Settings dan pilih Storage Tekan gosip “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi, kemudian Tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus.

Demikian gosip wacana five Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Memori Penuh Hape Pada Android Tanpa Reset"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel